[WOW] Hanya Lulus SMP, Menteri Susi Kuliahi Mahasiswa Harvard Soal Pencurian Ikan


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dikenal dengan keberaniannya memberantas kapal-kapal pencurian ikan di Indonesia. Keberaniannya ini rupanya terdengar hingga Negeri Paman Sam. Baru-baru ini, menteri yang akrab disapa Bu Susi itu diminta untuk memberikan kuliah di Harvard University. 



Ia memberikan kuliah berjudul "Indonesia as A Maritime Axis: Challenges and Opportunities" di John F. Kennedy School for Governance (JFKSG), Harvard University, Cambridge, Massachusetts, Senin (7/3/2016) waktu setempat. Dalam kuliahnya Susi menjelaskan soal kasus pencurian ikan di Indonesia. Susi juga menerangkan soal ketegasan pemerintah Indonesia yang tak ragu meledakkan kapal pencuri ikan. 

"Pencurian ikan merugikan kami hingga Rp 260 triliun per tahun," ujar Susi dalam kuliahnya. "Pemerintah kami akan tegas kepada para pencuri ikan." 

Kuliah yang diberikan Susi ini tentu cukup menarik perhatian. Apalagi ia hanyalah lulusan SMP dan harus memberikan kuliah pada mahasiswa salah satu universitas ternama di dunia. 

Namun Direktur Akademi ASH Center, Harvard Kennedy School, Jay K. Rosengard, mengaku tak ambil pusing dengan latar belakang pendidikan Bu Susi. Menurutnya semua mahasiswa dan pengajar lainnya memang tahu soal pendidikan Bu Susi tapi tak pernah mempermasalahkan hal itu. Baginya, seseorang tak dinilai dari panjang atau tidaknya gelar di belakang namanya namun lebih kepada kemampuan orang tersebut. 

"Bukan seberapa panjang nama (deretan gelar sarjana) yang Anda punya," ujar Jay. "Tapi seberapa banyak yang bisa Anda lakukan." 

Bu Susi memberikan kuliah tersebut sebagai bagian dari kunjungannya ke Amerika Serikat pada 6-11 Maret 2016. Ia juga sempat menghadiri Seafood Expo North America, Boston Convention and Exhibition Center, Massachusetts, yang merupakan pameran kelautan terbesar di Amerika. 

Pameran tersebut dihadiri ribuan peserta dari 46 negara di dunia. Sepak terjang Bu Susi ini tentu membuat bangga masyarakat di Tanah Air. (wk/rs)



sumber | republished by Hey Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top