Wah, Indonesia Urutan ke-79 Negara Paling Bahagia Sedunia


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melansir survei indeks kebahagiaan dunia untuk 2016. Lembaga internasional ini mengukur tingkat kebahagiaan warga di 157 negara. Posisi Indonesia melorot lima peringkat dibanding survei 2015.



Hasilnya, Indonesia berada di urutan 79 dunia. Posisi kebahagiaan penduduk Indonesia atas situasi hidup di nusantara lebih rendah dibanding Singapura (22), Thailand (33) atau Malaysia (49).

Situs wired.com melaporkan, Kamis (17/3), posisi Indonesia itu bahkan lebih rendah dibanding negara terkoyak perang saudara seperti Somalia (76).

Kendati begitu, posisi kebahagiaan rakyat Indonesia di atas negara-negara yang berada di benua Eropa seperti Serbia (86) atau Bulgaria (129).

PBB mengukur indeks kebahagiaan ini melalui metode wawancara telepon maupun tatap muka. Ada beberapa hal yang menjadi poin utama kuisioner. Yakni pendapatan per kapita, jaminan sosial, kualitas kesehatan, kebebasan berpendapat, serta tingkat korupsi.

PBB pertama kali melansir laporan ini pada 2012, dengan pemutakhiran setiap tahun. Dari kesimpulan PBB, kebahagiaan warga sebuah negara akan relatif stabil jika ada kesetaraan di dalamnya.

Tak heran, Denmark selama tiga tahun terakhir selalu memuncaki daftar ini, karena hak masyarakatnya setara dan ketimpangan ekonomi minim.

Negara Skandinavia itu selalu berada di urutan teratas daftar ini. Pada laporan 2016, Denmark juga memuncaki daftar kebahagiaan PBB.Berurutan setelah Denmark, ada Swiss, Islandia, Norwegia, serta Kanada, mengisi posisi lima besar daftar negara yang warganya paling berbahagia.

Negara-negara lain yang warganya tidak mengalami pembedaaan berdasarkan SARA, ekonomi, hingga orientasi seksual seperti Bhutan, Comoros, ataupun Belanda, juga berada di posisi atas Indeks Kebahagiaan versi PBB.

PBB juga meyakini bahwa kualitas perekonomian berdampak langsung pada tingkat kebahagiaan warganya. Yunani, Portugal, serta Spanyol berada di papan bawah indeks PBB karena krisis ekonomi nyaris 7 tahun terakhir.

Namun, kembali lagi, pertumbuhan ekonomi pesat tidak akan menyokong kebahagiaan warga bila ketimpangan terjadi serta kebebasan dibatasi. Hal ini terlihat dari China, yang berada di posisi 83 dalam indeks PBB.

Amerika Serikat pun, sebagai negeri adidaya yang mengedepankan kebebasan individu, posisinya cuma di peringkat 13. Adapun negara paling tidak berbahagia dalam survei PBB adalah Burundi, Suriah, Togo, dan Afghanistan. Negara-negara itu dilanda perang serta gangguan keamanan yang konstan.

[ard]




sumber | republished by Hey Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top