Ternyata Rumah yang Ada di Uang Rp10 Ribu Beneran Ada, Ini Wujud Aslinya....!!


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Anda tentu sudah tak asing dengan gambar Rumah Limas yang tertera di lembaran uang Rp10.000. Namun mungkin banyak di antara Anda yang belum tahu bahwa rumah asli dalam gambar tersebut ternyata ada di Palembang, Sumatera Selatan.



Rumah Limas dalam uang sepuluh ribu rupiah ternyata merupakan rumah limas tua yang sudah dibangun sejak tahun 1830. Nah jika Anda ingin melihat Rumah Limas asli khas Palembang tersebut datanglah ke Museum Balaputra Dewa Palembang.

Sebab, kini Rumah Limas tersebut menjadi salah satu bagian dari koleksi benda-benda bersejarah di Komplek Museum Balaputra Dewa.

Bangunan Rumah Limas asli itu berada di belakang ruang pameran 3 museum. Wisatawan yang berkunjung diizinkan masuk ke dalam Rumah Limas untuk menyaksikan isi atau perabotan yang digunakan pada masa lalu.

Namun jangan gegabah, pengunjung harus terlebih dahulu melapor ke petugas museum. Sebab, untuk masuk ke dalam rumah antik itu wisatawan wajib dikawal petugas.

Menurut sejarah dari beberapa sumber, Rumah Limas yang berada di halaman belakang Museum Balaputra Dewa ini didirikan pada tahun 1830 dan awalnya dimiliki oleh Pangeran Syarif Abdurrahman Al-Habsi.

Kemudian, Pangeran Batun membelinya dan dipindahkan ke Sirah Pulau Padang. Rumah Limas kembali berpindah ke Pemulutan setelah dibeli Pangeran Punto.

Sebelum Pangeran Punto menjualnya ke Belanda, rumah ini telah dipindahkan ke Talang Pangeran. Setelah Rumah Limas dikuasai oleh Belanda, rumah tersebut dipindahkan ke belakang Gedung Menara Air (saat ini Kantor Walikota Palembang) pada tahun 1932.

Sejak tanggal 22 April 1933, rumah adat Palembang ini dijadikan museum yang diberi nama Museum Rumah Bari. Lalu akhirnya pada tahun 1985, Rumah Limas dipindahkan ke Museum Balaputra Dewa.

Nah, jika ingin melihat penampakan asli dari rumah yang ada di uang sepuluh ribu rupiah itu datanglah ke Museum Balaputra Dewa yang berlokasi di Jl. Srijaya I No. 288, km 5,5 Palembang. Museum ini dibuka setiap hari kecuali Senin mulai dari jam 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

(Berbagai sumber)




sumber | republished by Hey Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top