Sinkhole Sedalam 90 Meter Menganga di Teras Rumah Warga Bikin Heboh


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Sinkhole berukuran besar menganga di halaman belakang sebuah rumah di pinggiran kota Scorrier, Cornwall, Inggris di mana memiliki sejarah pertambangan. Lubang amblas tersebut diperkirakan memiliki kedalaman hingga 90 meter atau lebih.



Seperti dilansir dari News.com.au, Selasa (15/3/2016), lubang seperti gua itu ditemukan para ahli ketika sedang mencari bekas-bekas pertambangan melalui sebuah peta tua di lokasi tersebut. Beruntung, rumah itu sedang kosong ketika tanah tiba-tiba amblas.

"Lubang itu besar sekali. Kedalamannya kira-kira mencapai sekitar 91 meter dengan air di dasar lubang. Entah, seberapa dalam lagi dari situ," kata Mark Thomas yang menjelajahi lubang tersebut dengan pesawat tanpa awak (drone). 

Sejak para ahli mulai melakukan pengeboran untuk eksplorasi lubang, hampir setengah garasi dan halaman rumah amblas ke dalam Bumi.

"Tidak ada orang yang tahu bahwa itu merupakan lorong pertambangan. Liang tersebut terbuka ketika para ahli melakukan pengeboran di bawah teras rumah," kata Stuart Dann dari perusahaan tambang Eye.

"Jika Anda kembali ke tahun 1750, daerah tersebut benar-benar berbeda. Wilayah itu terdapat puluhan rumah mesin, penyaring udara dan ratusan lorong tambang, wilayah ini dulu terlihat seperti gurun," lanjut Stuart.

Selain itu, Stuart juga memberikan penjelasan terhadap situasi di sekitar area pertambangan saat ditutup.

"Ketika pertambangan ditutup, kayu-kayu besar menutup lubang dan mereka menguburnya dengan tanah. Kurasa ketika itu merupakan cara paling aman. Dan seiring waktu keberadaan rumah mesin dan lorong pertambangan yang ditutup seakan-akan tidak pernah ada di sana," ujar Stuart.

Tapi, hal itu terlepas dari peta-peta tua yang memiliki penjelasan mendetail terkait letak area pertambangan dan keberadaan lorong pertambangan tersebut.

Peta tua itulah menjadi perbedaan pembelian rumah yang berdiri kokoh di atas permukaan tanah atau lorong tambang.

"Liang tersebut akan tetap dibuka selama penyelidikan dilakukan. Kilang pengeboran akan digunakan untuk memeriksa kekosongan tanah pada dasar lubang," tutur Stuart.

"Ahli desain dan konstruksi kini akan memutuskan masa depan bangunan tersebut. Namun, retak pada bangunan memberikan  spekulasi bahwa rumah tersebut tidak layak untuk dihuni."






sumber | republished by Hey Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top