Inilah Suara Wanita yang Paling "Ditakuti" Para Pilot Jet Tempur F18 Amerika


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Setiap pesawat, baik komersil maupun tempur memiliki sistem peringatan dini. Peringatan tersebut bisa berupa tanda di kokpit, lampu yang menyala, hingga peringatan suara dalam kokpit atau yang disebut (Cockpit Warning System).



Nah, untuk pesawat tempur F-18, suara tersebut dijuluki dengan nama “Bitchin’ Betty” yang suara aslinya diisi oleh wanita bernama Leslie Shook.

Wanita ini bekerja di Boeing, produsen F-18.

Suara Shook akan muncul dalam situasi yang serius, misalnya sang pilot melewati batas ketinggian yang ditentukan, atau terbang terlalu rendah.

Pun demikian jika bahan bakar pesawat telah terkuras hingga 50 persen dari total kapasitas, sang pilot pasti akan mendengar suara berulang-ulang," Bingo..bingo.

Peringatan suara Shook dinilai lebih efektif ketimbang cara peringatan lain, seperti nyalanya lampu indikator.

Sebab, ketika pilot melakukan manuver berbahaya, mata pilot tidak terfokus pada peralatan peringatan.

Saat inilah suara lebih dibutuhkan dibanding lampu indikator.

Sang pengisi suara Bitchin’ Betty pada Senin (7/3/2016) lalu telah memasuki masa pensiun setelah bekerja selama 20 tahun di Boeing.

Namun seperti dilansir Inverse, suara Shook akan terus dipakai di pesawat tempur yang biasa beroperasi dari Kapal Induk ini.

"Sungguh berat bagi saya untuk mengakhiri kerja selama 20 tahun di tempat ini (Boeing). Istilah 'Bitchin' yang bagi sebagian orang terdengar kasar, bagi saya adalah panggilan kasih sayang," kata Shook. (Inverse.com)




sumber | republished by Hey Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top