Inilah Calon Pesawat Amerika Paling Cepat se-Jagat, Tembus 6 Kali Kecepatan Suara


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Lagi-lagi, produsen pesawat asal Amerika 'Lockheed Martin' menelurkan inovasi revolusioner di dunia penerbangan. Inovasi itu adalah calon pesawat tercepat di dunia yang diberi nama 'SR-72'.



Masih ingatkah Anda dengan pesawat supersonik Concorde yang beberapa tahun lalu pensiun? Perlu diketahui, Concorde mampu terbang di melebihi kecepatan suara alias pesawat supersonik. Nah, pesawat SR-72 yang sedang dikembangkan Lockheed Martin ini mempunyai kecepatan 3 kali lipat dari Concorde!

Detailnya, pesawat jet SR-72 diklaim akan mampu terbang hingga kecepatan Mach 6 atau setara dengan 2 kilometer per detiknya. Rahasia dari 6 kali kecepatan suara itu terletak pada mesin jet khusus bernama 'scramjet'.

Mesin ini bekerja dengan membakar bahan bakar di dalam aliran udara terkompresi yang dihasilkan oleh kecepatan pesawat itu sendiri. Di mesin jet biasa, aliran udara dikompresi oleh baling-baling.

Scramjet memang jadi impian ilmuan karena selain mampu menghasilkan kecepatan tinggi, mesin jet revolusioner ini juga membuat ongkos pembuatan pesawat turun drastis. Sayang, pengembangan scramjet sangat sulit dan membutuhkan dana besar.

"Kami mengestimasi pesawat hipersonik itu akan membutuhkan biaya di bawah USD 1 miliar untuk pengembangan, perakitan, dan demonstrasi terbang," ujar Lockheed Martin, Daily Mail (17/03).

Sebelumnya, banyak pihak menduga militer Amerika telah mengembangkan mesin jet ini dengan kode nama Aurora. Dugaan ini diperkuat oleh terdengarnya banyak suara keras khas mesin jet di beberapa kawasan Amerika. Sayangnya tidak ada bukti jelas apakah suara keras 'sonic-boom' itu berasal dari uji coba pesawat SR-72 Lockheed Martin.




sumber | republished by Hey Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top