[WOW] Komputer PC Pertama di Dunia Laku Setengah Miliar Rupiah


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Kenbak-1 adalah komputer lawas buatan tahun 1971 yang kerap disebut komputer personal (PC) pertama yang dibuat secara komersial. Dan baru-baru ini, satu dari 10 Kenbak-1 yang berhasil 'selamat' sampai saat ini berhasil terjual dengan harga selangit.



Kenbak-1 dengan nomor seri 0185 dilelang oleh Auction Team Breker pada 7 November lalu. Hasilnya, komputer ini laku dengan harga USD 36.500 atau sekitar Rp 495 jutaan.

The-Kenbak 1 merupakan karya dari insinyur komputer John Blankenbaker, yang juga pendiri perusahaan Kenbak Corporation di Los Angeles tahun 1971. Awalnya perangkat ini diciptakan sebagai komputer terjangkau bagi sekolah untuk memberikan para siswa pemrograman.

Ukuran Kenbak-1 cukup besar, setengah meter lebih, dengan berat 6.3 kilogram. Wadah Kenbak-1 berbentuk poligonal berbahan baja. Mengingat komputer ini muncul sebelum adanya teknologi mikro prosesor, motherboard yang digunakan jauh berbeda dari komputer saat ini. Oleh karena itu, tidak sedikit yang menyebutnya bukan komputer.

Secara spesifikasi, Kenbak-1 termasuk komputer 8-bit dengan memori 256 byte dan hanya bisa melakukan pemrosesan data di bawah 1000 perintah per detik. Di tahun 1971, harga komputer ini sekitar USD 750.

Sayangnya, penjualan Kenbak-1 tidak sesuai yang diharapkan dan akhirnya hanya sekitar 40 unit yang berhasil diproduksi antara tahun 1971 dan 1973. Menurut Blankenbaker, kegagalan Kenbak-1 akibat pemasarannya yang fokus ke sekolah bukan fans komputer dan pemrograman.

Sumber: Gizmag




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top