[WOW] Indonesia Berhasil Singkirkan Brasil dan Thailand untuk Jadi Tuan Rumah MotoGP




Balapan kuda besi alias Moto Grand Prix atawa Moto GP bakal kembali berlangsung di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Olahraga (Kempora) bersama Dorna Sports, S.L meneken perjanjian Indonesia sebagai tuan rumah Moto GP 2017.



Indonesia berhasil menyisihkan Brasil dan Thailand yang juga berminat menyelenggarakan Moto GP. Kesepakatan tersebut tertuang dalam surat perjanjian yang diteken Menteri Olahraga, Imam Nahrawi dengan Carmelo Ezpeleta, Chief Executive Officer (CEO) Dorna Sports, S.L yang juga pemegang hak paten Moto GP, Rabu (18/11) kemarin.

Menurut Gatot S Dewa Broto, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga mengemukakan, Indonesia kini menanti sikap resmi dari Federasi Balap Motor International (FIM).

"Tinggal pengumuman dari FIM saja, yang pasti Indonesia sudah pasti menjadi tuan rumah Moto GP 2017," ucapnya.

Ia menambahkan, kesepakatan dalam bentuk letter of intent (LOI) masih perlu didetailkan dalam bentuk kontrak kerjasama. Rencananya, kontrak kerjasama lebih detail akan disepakati sebelum pergantian bulan Januari 2016.

"Pemerintah ingin mempromosikan Indonesia di kancah internasional," ujarnya.

Tinton Soeprapto Direktur PT Sentul Sirkuitindo Utama (SSU) memastikan akan segera membedah sirkuit Sentul. Sebab, selaku tuan rumah penyelanggaraan balapan MotoGP, sirkuit yang digunakan harus masuk grade A. Ketentuan ini merupakan kewajiban yang diatur organisasi penyelenggara balapan MotoGP, Dorna.

Renovasi sirkuit Sentul ditengarai menelan dana hingga Rp 250 miliar. Tinton masih enggan menyebut perusahaan sponsor yang bakal terlibat di ajang MotoGP tersebut.

Ia hanya meminta payung hukum penyelenggaraan MotoGP dipercepat agar banyak perusahaan yang tertarik menjadi sponsor. Apalagi, potensi pendapatan penyelanggaraan MotoGP untuk sekali balapan mencapai 91,730 juta dolar AS.

Sebelumnya, Tinton mengatakan perombakan Sirkuit Sentul akan memakan waktu satu tahun. Pasalnya, trek, paddock dan ruangan pendukung harus dibangun ulang.

"Trek lurus tidak dirombak, tapi aspal, dan paddock dirombak. Bahkan paddock harus mundur delapan meter dari tempat sekarang ini berdiri," paparnya.




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest