Cari Artikel

Loading...

Wah, 'Planet' Terjauh di Tata Surya Berhasil Ditemukan, 3X Lebih Jauh dari Pluto




Menggunakan teleskop Subaru buatan Jepang yang ada di Hawaii, ilmuwan baru-baru ini menemukan sebuah benda langit terjauh di tata surya kita. Penemuan itu diungkap Selasa lalu (10/11) di pertemuan American Astronomical Society.



Benda langit itu berhasil diidentifikasi sebagai sebuah planet dengan kode V774104. Diameter planet tersebut diperkirakan sekitar 500-1000 kilometer, sehingga dikategorikan sebagai planet kerdil. Pluto sendiri juga termasuk planet kerdil dengan diameter 2.372 kilometer.

V774104 terletak sangat jauh dari pusat tata surya kita atau matahari. Jarak V774104 dengan matahari diprediksi 15,4 miliar kilometer. Perbandingannya, jarak planet V774104 ke matahari sama dengan 103 kali jarak Bumi-matahari. Jarak itu juga tiga kali lebih jauh dari Pluto.

Scott Sheppard, pakar astronomi dari Carnegie Institution for Science, Washington, mengatakan bila planet V774104 masih tergolong benda langit misterius bagi ilmuwan sekalipun. Alasannya, lintasan atau orbit planet kerdil ini belum diketahui. Maklum, Sheppard mengaku planet ini baru ditemukan beberapa minggu lalu.

"Kami belum bisa mengklasifikasikan objek ini karena kami belum tahu orbitnya. Ada kemungkinan bila benda langit itu adalah bagian dari sistem tata surya lain yang mempunyai orbit ekstrim. Orbitnya bisa jadi dipengaruhi oleh planet atau bintang lain," tulis laporan penelitian di jurnal Science, Daily Mail (12/11).

Sebelum V774104 terpantau, planet kerdil bernama Eris adalah benda langit terjauh dari matahari. Jaraknya dari matahari sekitar 97 kali jarak Bumi-matahari. Ilmuwan percaya bila penemuan planet kerdil V774104 adalah bukti bila tata surya kita jauh lebih besar dari perkiraan sebelumnya.




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest