Wah, Marcello Lippi Sebut Rossi Sumber Iklan Kelas Kakap MotoGP




Besarnya perputaran uang di lintasan balap MotoGP membuat pelatih kondang di Italia, Marcelo Lippi, meyakini selama ini Valentino Rossi berjasa besar mendongkrak popularitas MotoGP. 



Di mata Lippi, selama ini Rossi menjadi sumber iklan tersukses bagi MotoGP. Bukan mustahil MotoGP dan DORNA rugi bila Rossi gantung helm."Selama 20 tahun, Rossi menjadi sponsor utama MotoGP. Tanpanya, balapan motor ini bakal mengalami kerugian sebesar 50 persen," ujar pelatih yang kini menangani klub Liga Super China, Guangzhou Evergrande, seperti dilansir dari Marca.

Berkembang rumor Rossi bakal pensiun menyusul drama yang terjadi di musim 2015. The Doctor menyebut terdapat konspirasi antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang membuatnya gagal menjadi juara dunia MotoGP untuk ke-7 kali sepanjang kariernya. "Sebagai pembalasan dari segi olahraga, Rossi sepertinya harus meninggalkan MotoGP. Mungkin dia bisa tampil di Superbike," ujar Lippi. "Hanya keputusan itu yang dapat menebus semua yang telah terjadi."

Kendati masih kalah pamor dengan sepak bola, gelaran MotoGP bergelimang uang. Perputaran uang mengalir deras dari balap motor kelas premier ini.

Menurut penilian TSMPlug, penjualan hak siar menjadi salah satu sumber pemasukan utama DORNA selaku promotor balap MotoGP. Total penjualan hak siar dari seluruh dunia mencapai USD 100-120 juta (Rp 1,3-1,6 triliun).

Meski angkanya terhitung besar, DORNA memproduksi sendiri acara tersebut. DORNA juga yang mendistribusikan gelaran ini ke seluruh dunia pada stasiun televisi yang membeli hak siar. Terlebih, biaya operasional tim pindah dari satu seri ke seri lainnya juga ditanggung oleh DORNA. Menurut laporan TSMPlug, DORNA menghabiskan dana tidak kurang dari USD 50 juta (Rp 680 miliar) per tahun hanya untuk menanggung biaya operasional tim peserta MotoGP. Tidak heran pengeluaran DORNA membengkak tiap tahunnya.

Karena itu, nilai sponsor MotoGP berharga sangat mahal. Selama satu tahun perhelatan MotoGP, sponsor-sponsor tersebut harus merogoh kocek hingga USD 100 juta (Rp 1,3 triliun) agar bisa bekerja sama dengan DORNA. Hingga musim balap 2015 berakhir, DORNA menggandeng Monster Energy, Bwin, dan TIM dengan kontrak jangka panjang. (Rjp/Rco)**




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest