Unik....Nama Makassar Diabadikan di Sekolah Muslim Pertama Darwin




Komunitas muslim di Darwin, Australia, mengusulkan pendirian sekolah Islam di wilayahnya. Dan yang unik, sekolah Islam itu rencananya akan diberi nama dari pelaut Makassar. Ini untuk mengabadikan sejarah kedatangan muslim pertama di Kota Darwin, yaitu pelaut-pelaut dari Makassar, Sulawesi Selatan.



"Ini untuk menghormati warisan mereka, kontak pertama dan kuatnya hubungan antara Indonesia dan Australia," kata Asim Razi, Sekretaris Komite Sekolah Komunitas Muslim, sebagaimana dikutip Dream dari laman Radio ABC Australia.

Usulan pendirian sekolah ini sedang dibicarakan dengan pemerintah negara bagian utara (NT). Bulan ini komite ini dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pendidikan NT, Peter Chandler.

Komunitas muslim di Darwin terdiri dari berbagai latar belakang kebangsaan. Diperkirakan jumlahnya lebih dari 30 kelompok etnis, saat ini mereka beribadah di satu-satunya tempat pertemuan masyarakat, yang sekaligus dijadikan tempat ibadah di Darwin.

Menurut Razi, kalangan orangtua di komunitas muslim sangat mendukung gagasan pendirian sekolah ini. Terbukti dari survei yang dilakukan, dari 115 orangtua yang memiliki anak usia sekolah, lebih dari 97 persen menyatakan bersedia mengirim anaknya menuntut ilmu di sekolah yang direncanakan tersebut.

"Alasan pertama mengapa mereka mengusulkan agar dibangun sekolah Islam di Darwin adalah karena kami merasa populasi muslim di kota ini terus berkembang," kata dia.

"Ada kebutuhan mendesak untuk memelihara kebudayaan dan agama dari komunitas ini agar bisa mewariskan pengetahuan yang sebenarnya dan otentik mengenai Islam kepada generasi baru mereka," tambah Razi. 




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest