Ternyata Tsunami Setinggi 20 Meter Pernah Menghantam Eropa 8200 Tahun Lalu




Fakta mengejutkan baru saja ditemukan oleh para penelitidi University of Caen Lower Normandy, Prancis. Mereka menemukan bahwa pada 8.200 tahun silam ada tsunami setinggi 20 meter di Eropa. 



Islandia, Greenland, Norwegia hingga Inggris kala itu dikatakan tersapu dengan banjir raksasa tersebut. Bahkan penelitian mengatakan jika banjir tersebut melaju sampai Laut Utara dan berlanjut ke selatan menuju Teluk Barat Denmark. Dilansir Science Nordic, Jumat (13/11/2015) Mikkel Fruergaard mengatakan, "Ilmuwan telah lama berdebat mengenai seberapa jauh tsunami berjalan. Dari indikasi matematika ternyata ditemukan jika tsunami itu juga mencapai Denmark." 

Para peneliti menyebut bencana tersebut sebagai longsor besar atau Storegga Slide yang disebabkan oleh sedimen yang menumpuk sejak zaman es. Sedimen itu tiba-tiba terpisah dan meluncur jauh sekitar 190 kilometer sepanjang bentangan landas kontinen di Barat Norwegia. Dalam penelitian ini Fruegaard dan timnya berhasil mengumpulkan tujuh inti sedimen dengan panjang 25 meter dari kepulauan Rotno di Teluk Barat Denmark. 

Material yang sanganmenonjol ditemukan di bagian bawah salah satu inti tersebut. Mereka menemukan lapisan pasir dari dasar laut dengan ketebalan 80 sentimeter yang bercampur dengan bahan organik. Lapisan pasir yang tidak biasa ini muncul di antara dua lapisan tanah liat yang berbeda. 

Fruegaard mengatakan, "Lapisan sedimen ini menunjukkan jika pernah ada danau di daerah ini, tempa inti ini diambil. Pada titik tertentu ada genangan air laut yang besar yang membuang banyak pasir laut ke dasar danau, bersamaan dengan materi organik dari tepi danau dan bawah danau." 

Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa lapisan berpasir yang ada di sedimen itu berasal dari 7.890 atau 8.600 tahun lalu. Hasil studi ini telah dipublikasikan di jurnal Geology.




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest