Ternyata Honda Berawal dari Sebuah Mesin Sepeda


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Siapa yang saat ini tidak mengenal sepeda motor Honda? Jika tidak tinggal di tempat-tempat yang minim informasi, dapat dipastikan ia mengetahui atau bahkan memiliki sepeda motor merek itu.



Tapi, tahukah Anda bahwa saat didirikan Honda adalah perusahaan sepeda? Sebagaimana ditulis di laman World Honda, perusahaan tersebut awalnya hanyalah memproduksi sepeda bermesin. 

Ceritanya, pada suatu hari di bulan September 1946, Soichiro Honda mengunjungi rumah kawannya, Kenzaburo Inukai. Di sana, ia menemukan sebuah mesin kecil. "Mari gunakan ini untuk sepeda," ujar Honda pada Inukai. Tanpa disadari, Honda telah meletakkan batu pertama perusahaan.

Sebetulnya, melampirkan mesin tambahan untuk sebuah sepeda adalah ide yang tidak baru. Di Inggris, ini sudah dilakukan, bahkan diimpor ke Jepang sebelum Perang Dunia II berlangsung. 

Pascaperang, keadaan Jepang sangat buruk. Tidak ada kendaraan kecuali sepeda yang juga digunakan untuk mengantarkan barang kebutuhan sehari-hari. 

Honda kemudian melakukan riset bersama dengan 13 pekerjanya di sebuah bengkel kecil yang diberi nama Honda Technical Research Institute. Di sini ia berhasil membuat sepeda bermesin menjadi motor dengan mekanisme sederhana. 

Sepeda motor yang pertama kali diuji coba oleh istri Honda sendiri, Sachi, akhirnya terjual, dan mulai saat itu mulai dibicarakan dan jadi bahan obrolan dari mulut ke mulut. Terus membesar, dan akhirnya mendunia.

(Rio/Ian)*





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top