Status Orang Jepang, Bilang Orang Indonesia Bodoh





Sebuah status di Facebook ini membuat gerah sekaligus menyindir netizen. Kenapa tidak? Disaat orang orang indonesia mencintai budaya Jepang, Korea atau malah Amerika, netizen ini mengatakan kalau sebenarnya budaya Indonesia lebih kaya dari budaya budaya asing yang dicintai oleh sebagian orang Indonesia ini.

“Mengapa orang indonesia suka budaya Jepang .. karena orang-orang Indonesia bodoh .. budaya Indonesia lebih kaya dari jepang, korea, dan Amerika ..Indonesia harus menjadi contoh bagi negara-negara lain, tidak meniru negara lain ..Indonesia bisa menjadi negara yang sangat kaya jika pemuda dan rakyatnya menghargai negara mereka sendiri .. Indonesia tidak dihancurkan oleh Jepang atau negara lain ..Indonesia hancur oleh rakyatnya sendiri ..”

Apakah kita memang sebodoh itu?

Sebenarnya yang pernah mengatakan ini bukanlah dia ini saja. Sudah banyak orang orang asia yang mengatakan kalau sebenarnya Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat kaya, bahkan banyak orang di dunia yang mencintai budaya Indonesia, tapi orang Indonesia sendiri malah memilih untuk mencintai budaya negara lain.



Sebenarnya memang agak sedikit miris dan trenyuh melihat status diatas. Sebenarnya cukup budaya dan karya bangsa yang diakui oleh negara lain. Mulai dari lagu tradisional hingga makanan seperti rendang dan tempe. Yah.. kalau tidak terkenal, tidak mungkin negara tetangga sebelah itu sampai mengklaim milik kita berulang kali, tapi apa yang terjadi di Indonesia? Orang Indonesia seolah tidak perduli dengan budaya mereka sendiri dan baru perduli saat budayanya diklaim oleh negara lain.

Banyak orang yang lebih mengetahui sejarah para samurai Jepang, lebih megetahui isi kota terlarang dan lebih penasaran dengan kimchi. Dibandingkan dengan sejarah dan cerita Patih Gajahmada yang sangat terkenal hingga dibuat sebagai tokoh utama dalam sebuah game buatan Firaxis, makanan lezat yang bernama pete yang membuat para bule tergila gila.

Itu semua menyebabkan keberadaan budaya tradisional di negara kita mulai memprihatinkan. Dahulu, budaya tradisional di negara kita tak terhitung jumlahnya karena begitu banyak ragamnya, mulai dari tarian tradisional, bahasa tradisional, alat musik tradisional, dan masih banyak lagi. Tetapi sekarang budaya tradisional di negara kita sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada. Jarang sekali sekarang kita temui ada anak muda yang mau untuk memperhatikan kebudayaan tradisional negaranya, itu semua karena anggapan mereka tentang kebudayaan tradisional salah. Sehingga mereka malu untuk mengakui jika kebudayaan tadisional adalah kebuadayaan mereka.

Apakah Kita Sebodoh yang Tertulis di Status Orang Jepang Ini?

Semoga tidak? Mulailah mencintai budaya Indonesia sebelum budaya Indonesia menjadi milik negara lain..



sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest