Setelah Meninggal 18 Tahun, Pasangan ini Akhirnya Dinikahkan




Sebuah upacara pernikahan unik berlangsung di India. Sepasang mempelai dinikahkan oleh walinya secara in-absentia karena keduanya meninggal 18 tahun lalu.



Usut-punya usut, ternyata dua mendiang mempelai ini dijodohkan sejak masih bayi. Nahas, pada usia dua tahun keduanya meninggal berurutan akibat menjadi wabah penyakit.

"Anak perempuan kami, Puja, meninggal 18 tahun tahun lalu saat berusia dua tahun, begitu juga mempelai pria, Jogendra meninggal dalam waktu bersamaan ketika menginjak usia empat tahun," sebut Rameshwar, ayah dari mempelai wanita, seperti diberitakan Times of India, Rabu (11/11).

Walau mempelai sudah meninggal, kedua keluarga bersikeras membayar janji perjodohan tersebut. Dengan serangkaian ritual adat yang berlaku, akhirnya pada Selasa (10/11) prosesi hari bahagia tersebut dilangsungkan di Desa Saharanpur. Mempelai digantikan boneka sebagai simbolik. Dalam prosesi pernikahan, sebanyak 50 tamu undangan datang untuk memeriahakan acara tersebut.

Diketahui lebih jauh, ternyata prosesi ini bukanlah perjodohan semata, namun lebih kepada sebuah tradisi adat setempat.

"Setelah prosesi ini, kedua boneka dihanyutkan mengikuti arus sungai, praktik ini adalah sebagai berlanjutnya tradisi adat turun-temurun, karenna dikatakan mereka yang meninggal dalam status bujang tidak diberikan keselamatan hingga dilakukan penyucian atau samskara seperti yang dilakukan ini," tutup Pitambar, seorang saudara dari mempelai wanita.




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest