Penemuan Planet Berlapis Besi Cair dan Tanpa Matahari Bikin Heboh




Ilmuwan kembali menemukan planet misterius mirip bumi namun memiliki ukuran yang sangat besar, yakni seperti Jupiter. Anehnya, planet ini mengapung bebas sendirian di jarak 75 juta tahun cahaya dari bumi tanpa memiliki matahari. 



Planet PSO J318.5-22 tersebut dinilai sebagai objek yang aneh karena tidak mengorbit di sekeliling bintang. Bahkan hal yang lebih mengejutkan baru saja ditemukan oleh seorang astronom dari Universitas Ediburg. Astronom tersebut melalui teleskop di Chili menemukan bahwa planet tersebut dikelilingi oleh lapisan awan. Namun awan di sana tidak seperti yang kita bayangkan, melainkan terbuat dari besi cair dan debu yang sangat panas sehingga memiliki suhu lebih dari 8 ribu derajat celcius. 

Peneliti menduga jika planet ini telah ada sejak 20 juta tahun yang lalu dan tidak memiliki bintang. Kendati tidak memiliki pencahayaan, namun para ilmuwan berhasil mengidentifikasi variasi kecerahan objek tersebut dengan akurat menggunakan cara yang diduga juga bisa digunakan untuk melihat sebuah planet berpenghuni atau tidak. 

Peneliti Dr Beth Biller mengatakan, "Kami tengah memperbaiki teknik ini untuk planet besar di sekitar bintang baru, dan pada akhirnya kami berharap menemukan cuaca di exoplanet mirip bumi yang dapat menopang kehidupan."




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest