Pakai Bola Api, Drone ini Bisa Cegah Meluasnya Kebakaran Hutan


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Kebakaran hutan menjadi masalah pelik akhir-akhir ini di dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Untuk mengatasi hal itu, banyak teknologi yang dikerahkan, salah satunya dengan drone.



Pesawat tak berawak atau yang biasa disebut drone ini baru-baru ini kembali dikembangkan oleh University of Nebraska-Lincoln. Dijuluki sebagai Unmanned Aerial System for Fire Fighting, drone ini khusus untuk membantu kebakaran hutan.

Jika Anda berpikir bahwa drone ini akan mengalirkan air dari atas, maka dugaan Anda masih salah. Sebaliknya, drone akan melawan api ini dengan api, bukannya air. Bagaimana caranya?

Drone ini akan menjatuhkan bola api berbahan kimia di hutan yang terbakar. Idenya adalah agar bola api ini cepat membakar rumput disekitar, sehingga bisa mencegah api menyebar dan tak terkendali.

Sebenarnya ini bukan teknik baru. Cara ini telah diakui dan dikenal sebagai metode konservasi yang efektif. Metode ini akan menghilangkan spesies yang tak asli dari tempat tersebut yang mempengaruhi habitat hutan, sehingga bisa mengembalikan tanaman asli dan mencegah meluasnya api.

Namun karena drone ini melakukan dengan sendirinya, orang yang berada di sekitarnya harus hati-hati. Jika memang efektif, sepertinya drone ini bisa membantu mengurangi kebakaran hutan di Indonesia.





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top