Motor Mutakhir Karya Anak Bangsa Dicueki Lagi?





Impian anak negeri yang berhasil membuat motor berbahan bakar air ini sepertinya harus kembali terkubur, setelah Pertamina menggantung nasib mereka untuk memproduksi massal motor berbahan ramah lingkungan ini. Janji yang sempat terlontar dari pihak Pertamina ini masih belum menemukan titik terang, padahal sudah genap satu tahun resmi diluncurkan oleh Team Auto Physics (TOP) Universitas Sumatera Utara (USU) buatan mahasiswa Fakultas FMIPA.

Motor ini sebenarnya menjawab semua tuntutan masyarakat karena naiknya harga BBM. Dr Tulus Ikhsan Nst, seorang dosen USU mengatakan kalau modifikasi ini sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan di semua sepeda motor standar. Sebanyak 500 mililiter air tampak diletakkan tepat di jok belakang, berdampingan dengan bioetanol di dalam sebuah tempat transparan. Nantinya air ini yang akan digunakan menjadi bahan bakar yang sanggup menembus hingga 300 kilometer perjalanan.



Awalnya proyek ini sebenarnya difasilitasi dan didampingi oleh pihak pertamina. Dan sejak November tahun lalu sudah masuk dalam tahap pengurusan hak paten dan uji coba final namun entah mengapa satu tahun berlalu tidak ada lagi kepastian dari Pertamina mengenai kelangsungan masa depan anak anak bangsa ini.

Padahal kala itu, R & D dan Penjajagan Kerjasama Penelitian PT. Pertamina, Agus Setiawan menjanjikan untuk ikut membantu dan mengembangkan proyek ini hingga selesai. Namun sepertinya hingga sekarang ini janji tersebut hanya tinggal janji saja karena tidak ada tindak lanjut dari Pertamina mengenai janjinya ini.



Sebenarnya hasil karya anak bangsa ini bisa menjadi solusi di tengah isu krisis energi yang sedang melanda dunia, dan mimpi itu sepertinya harus terkubur lagi mengingat tidak jelasnya tindak lanjut janji Pertamina.

Karya ini sebenarnya semakin membuktikan kalau sebenarnya bangsa Indonesia sendiri memiliki anak anak muda bermasa depan cerah yang bisa dijadikan aset bangsa, namun sekali lagi peristiwa ini sendiri juga membuktikan kalau pemerintah Indonesia kurang perduli dan kurang bijak terhadap karya anak bangsa.

Banyak pihak yang takut kalau ada pihak asing yang mencium adanya anak bangsa yang bersinar ini dan kemudian nantinya malah diproduksi oleh luar negeri dan dipasarkan di luar negeri seperti yang sudah sudah.

Akankah nantinya motor berbahan bakar air karya anak bangsa ini diproduksi di luar negeri? Semoga saja tidak, karena apa yang diciptakan di Indonesia oleh anak anak Indonesia adalah milik Indonesia. Berikan komentarmu!



sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest