Mendidik Kah, Kalimat Ini di Buku Pelajaran SD?





Sebuah buku sekolah dasar kelas V menggegegerkan Kota Malang. Pasalnya, dalam buku untuk anak di bawah umur dan juga buku pendidikan terdapat kaliamat yang memperbolehkan seorang ibu menjadi pelacur demi memenuhi tanggung jawab menghidup anak-anaknya. Kalimat kurang patut untuk pelajar tingkat sekolah dasar ini, termuat dalam Buku Kerja Siswa Insan Bermartabat.

Dalam buku di halaman 34 tersebut, termuat penjelasan tentang tindakan bertanggungjawab dengan contoh-contohnya. Pada kalimat di awal-awal hingga memasuki contoh-contoh bentuk tanggunjawab yang pertama, memang tidak ada masalah. Namun, saat masuk pada poin kedua tentang tanggungjawab kepada keluarga, termuat kalimat yang tidak seharusnya ada,

“Seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walaupun harus menjadi pelacur sekalipun, karena demi memberikan kehidupan dan tanggung jawab atas ketiga anaknya,”.

Buku yang dibuat Dinas Pendidikan Kota Malang dengan tim penyusun Nita Retno Wahyuning, Hidayah, dan Valentina Ratna Rahayu dan Basori sebagai editor telah digunakan sebagai buku pendamping dalam proses belajar mengajar siswa. Kalimat yang tak sepatutnya dibaca oleh anak sekolah dasar ini pertama kali diramaikan di SD Model Telogowaru.



Selain itu juga ada di SD Islam Terpadu Achmad Yani, Kota Malang. Kepala Sekolah tersebut mengungkapkan,

“Saya awalnya juga tidak tahu, tetapi baru mengetahui setelah ada pemberitahuan di grup WA Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S),”

Menurut Kepal Sekolah ini, ia meminta semua guru untuk mempelajari dan mengecek buku kerja siswa dan menghapus kalimat yang tak sepatutnya serta diganti dengan kalimat lain. Menurutnya juga buku tersebut baru satu minggu diedarkan kepada para siswa. Sehingga belum sempat dibaca dan dipelajari.

Lalu saat dikonfirmasi, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang, Suwarjana mengaku belum mengetahui adanya kesalahan dalam kalimat di buku kerja siswa tersebut. Namun tetap akan segera dilakukan pengecekan. Dan apabila ketahuan bermasalah, buku tersebut akan langsung dicabut agar tidak menimbulkan masalah pada para siswa.



sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest