Ini dia Wanita Pertama yang Keliling Dunia




Berkeliling dunia merupakan hal yang sangat berat untuk dilakukan manusia. Panjangnya perjalanan serta berbagai macam tantangan dapat menjadi hambatan dalam mengelilingi dunia. Tetapi wanita ini mampu menjadi wanita pertama yang mengelilingi dunia, dan itu dilakukannya pada tahun 1766 hingga 1769. Perjalanan ini tentu saja tidak mudah, terutama karena pada masa itu ada larangan bagi wanita untuk ikut berlayar.



Agar dapat berlayar, wanita yang bernama Jeanne Baret ini menyamarkan p*y*d*r*nya dengan ikatan kain yang kencang serta menggunakan pakaian pria. Selain itu, agar menjadi pria dia juga mengganti nama Jeanne menjadi Jean. Dilansir dari Mental Floss, Jeanne Baret lahir dari keluarga sederhana di wilayah Burgundy, Prancis. Karena ajaran dari keluarganya, dia tumbuh menjadi wanita yang mencintai tanaman dan mampu mengenali serta menggunakannya untuk pengobatan.

Perjalanannya berkeliling dunia bermula ketika dia mulai berkenalan dengan seorang ahli botani bernama Dr. Philibert Commercon. Keduanya memadu kasih dan Baret juga menjadi asisten dari Commercon sebagai ahli tanaman. Ketika Commercon hendak bergabung dengan ekspedisi dari angkatan laut Prancis, Baret memutuskan untuk tetap mengikutinya dan menyamar menjadi seorang pria.

Pada perjalanan tersebut, walau sempat menimbulkan kecurigaan, tetapi Baret masih tetap berhasil mempertahankan identitas aslinya untuk beberapa waktu. Kedok dari Baret ketahuan ketika ekspedisi tersebut hampir selesai dan berada di sebelah selatan Samudera Pasifik. Pada saat itu akhirnya Baret dan Commercon diturunkan di koloni Prancis di Mauritus. Selama tujuh tahun, mereka tinggal di sana hingga akhirnya Commercon meninggal dan Baret kembali ke Prancis.

Kepulangannya ke Prancis ini lah yang mengakhiri perjalanan Baret dalam berkeliling dunia. Dia kembali ke Prancis di tahun 1775. Ketika pulang, dia disambut sebagai salah satu pensiunan yang telah berjasa dalam mengumpulkan dan mengenali beberapa jenis tanaman baru. Penemuan dan penghargaan ini tentu saja sangat luar biasa bagi seorang wanita di masa itu. Hanya saja seluruh temuan tanaman pada saat itu diberi nama Commercon sesuai dengan jabatannya sebagai kepala ahli tanaman pada ekspedisi itu.

Jeanne Baret meninggal pada tanggal 5 Agustus 1807 pada usia 67 tahun. Walaupun menyamar sebagai pria, tetapi akhirnya Baret diakui sebagai wanita pertama yang berlayar mengelilingi dunia.





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest