Ini Alasan Mengapa Soeharto dan Gus Dur Belum Digelari Pahlawan Nasional


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

Untuk mendapatkan gelar sebagai seorang Pahlawan Nasional rupanya tidaklah mudah. Hal ini pula yang dialami oleh mantan Presiden Indonesia, Soeharto dan Abdurrahman Wahid yang biasa disapa Gus Dur. Menurut Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, ada alasan tersendiri mengapa gelar Pahlawan Nasional belum disematkan kepada dua Presiden Indonesia yang fenomenal tersebut. Apa alasannya? Ternyata masih banyak kontroversi yang melekat pada kedua sosok tokoh itu.

Selain itu, Hidayat juga mengaku tak bisa terburu-buru untuk mengkaji sejauh mana adanya kontribusi yang telah diberikan dan dilakukan Pak Harto dan Gus Dur untuk Tanah Air. “Ya, itu memang bagian yang mungkin secara politis. Ya, pertimbangannya mungkin karena kontroversinya masih tinggi. Mungkin menunggu waktu yang nyaman ketika semua orang bisa mengendapkan diri untuk melihat secara jernih, sejauh mana manfaat dan mudharat, sejauh mana sumbangsihnya, dan sejauh mana masalah yang ditinggalkan oleh kedua tokoh kita itu,” ujar Hidayat menjelaskan.

Oleh karena itu, dia pun ingin mengajak semua pihak untuk berpikir lebih jernih dalam menyikapi isu pemberian gelar Pahlawan Nasional pada seorang tokoh. Menurutnya, setiap manusia pasti memiliki banyak masalah. Namun, di satu sisi juga pasti dapat memberikan kontribusi yang sangat besar pada negaranya. Makanya, dia yakin tidak mungkin ada satu orang pun yang selama hidup namanya bersih dan tidak terlibat dalam masalah. Begitu pula dengan Gus Dur dan Soeharto muda yang sudah berkiprah bagi bangsanya sejak lama, namun saat Gus Dur dan Soeharto meninggal masih meninggalkan banyak kontroversi.



sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top