Cari Artikel

Loading...

Hebat....Bocah Berusia 15 tahun ini Bangun Sumber Listrik dari Microhydro




Rasio elektrifikasi di Indonesia masih belum 100 persen. Hal ini menjadi inisiatif generasi muda Indonesia untuk mengembangkan di bidang inovasi teknologi energi khususnya energi terbarukan.



Maklum, potensi energi terbarukan di Indonesia sangat melimpah. Salah satu generasi muda itu adalah Gamma Abdurrahman Thohir. Bocah yang baru berusia 15 tahun ini, berhasil dengan ide proyek pembangunan microhydro untuk menghasilkan tenaga listrik.

Berawal dari ketertarikan, Dia menggali lebih banyak ilmu dan informasi seputar energi maupun teknologi microhydro. Terlebih lagi ketika mendapat tugas dari sekolah untuk mengembangkan proyek pribadi, Gamma memilih proyek microhydro sebagai tugas sekolahnya. Bahkan, demi mewujudkannya Dia rela mencari para ahli di bidang ini untuk menimba ilmu.

Gamma pun meyakini teknologi microhydro merupakan satu dari sekian banyak solusi yang bisa memenuhi kebutuhan energi Indonesia. Dia pun mengaku memiliki harapan agar teknologi microhydro pembangkit listrik yang dikembangan bisa diwujudkan secara nyata supaya bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat Indonesia.

Nah, untuk implementasinya, Gamma melakukannya di sebuah desa yang terpencil di mana masyarakat Kasepuhan Ciptagelar tinggal. Kasepuhan Ciptagelar merupakan sebuah kampung adat yang disebut juga sebagai kasepuhan Banten Kidul. Kasepuhan ini terletak di dusun Sukamulya, desa Sinar Resmi, kecamatan Cisolok. Lokasi yang indah di kaki Gunung Halimun.

"Proyek microhydro saya harap bisa membuat semakin banyak masyarakat di desa yang memiliki akses terhadap listrik. Keberadaan listrik akan ikut menumbuhkan usaha-usaha kecil yang bermanfaat bagu peningkatan ekonomi desa," ungkap Gamma di @America, Pasific Place, Jakarta.

Inisiatif Microhydro for Indonesia dari Gamma ini menggerakkan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) untuk memberikan pendampingan demi keberhasilan proyek ini. YABN sendiri dibentuk Adaro untuk melaksanakan program-program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan, salah satunya memfokuskan programnya pada pengembangan pendidikan terutama bagi generasi muda.

"Kami yakin generasi muda adalah calon pemimpin masa depan. YABN sendiri dibentuk Adaro untuk melaksanakan program-program pengembangan masyarakat secara berkelanjutan dan salah satunya memfokuskan programnya pada pengembangan pendidikan, terutama bagi generasi muda seperti Gamma, ujar Head Of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk Febriati Nadira.

Pembangkit Microhydro mulai dibangun tahun 2015 dan ditargetkan bakal mulai beroperasi pada Juli 2016.

[lar]





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest