Hati-hati....Hacker Diam-diam Mengintai Anda di Lokasi ini


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Fasilitas WiFi gratis di tempat umum sangat diminati banyak orang. Namun berhati-hatilah, karena saat ini fasilitas WiFi umum menjadi target utama aksi kejahatan cyber para hacker.



Menurut studi Kaspersky Lab dan B2B Internasional, 26% pengguna melakukan adaptasi aktivitas yang mereka lakukan saat sedang online dengan menggunakan jaringan Wi-Fi umum yang tidak aman, meskipun ada fakta bahwa para hacker tetap bisa mencuri data dan password pengguna.

Namun, hanya beberapa orang di antaranya yang mengambil tindakan untuk mengurangi resiko. Hanya 47% pengguna yang menggunakan fitur keamanan yang ada pada perangkat mereka, seperti kemampuan remote blocks atau find-my-device.

Lebih lanjut studi ini menemukan bahwa sebanyak 87% pengguna menyimpan data rahasia, penting dan terkadang data yang tidak dapat digantikan dalam smartphone mereka, mencakup password, pesan, foto, kontak, serta berkas penting lainnya. Satu dari empat mengatakan di dalam perangkat pribadi mereka terdapat informasi sensitif milik mereka yang tidak ingin diketahui orang lain.

Terlebih, perangkat tersebut dibawa dan digunakan dimana saja, termasuk di tempat kerja (52%), di dalam mobil (41%), transportasi umum (39%), di tempat tidur (58%) dan bahkan di dalam t*ilet (29%). Ketika berada di luar rumah, perangkat ini berpotensi terkena berbagai resiko seperti rusak, hilang dan dicuri, dan juga diretas oleh hacker atau bahkan memata-matai pengguna.

Menurut penelitian, sebanyak seperempat dari perangkat yang telah ditemukan setelah sebelumnya hilang atau dicuri mengalami kebocoroan informasi atau rahasia pribadi. 

Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa pengguna dapat luput dari hacker dan lebih aman apabila menggunakannya di dalam rumah. Bahkan di rumah sekalipun, resiko dan tantangan yang dihadapi berbeda, bahkan terkadang lebih berbahaya, khususnya di lokasi yang sensitif seperti tempat tidur dan t*ilet.

Kaspersky Lab mengimbau agar para pengguna menyetel password yang kuat pada perangkatnya dan juga pada akun online mereka, serta tetap berhati-hati ketika mengakses situs-situs serta mengunduh aplikasi lewat jaringan Wi-Fi yang tidak aman.

(dew)





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top