Cari Artikel

Loading...

Hasil Penelitian Membuktikan Mengapa Anak Harus Mulai Sekolah di Usia 7 Tahun




Usia sekolah anak adalah hal yang banyak menjadi perhatian bagi orang tua. Walaupun di Indonesia anak diharap untuk mulai bersekolah formal pada usia tujuh tahun tetapi banyak orang tua yang sudah menyekolahkan anak mereka di usia enam bahkan lima tahun. Tetapi penelitian terbaru membuktikan bahwa ternyata tujuh tahun adalah usia yang paling tepat bagi seorang anak untuk mulai bersekolah.



Dilansir dari The Sun, sebuah analisis dari Stanford University terhadap penelitian mengenai anak sekolah di Denmark menyatakan bahwa memulai sekolah di usia 7 dapat meningkatkan nilai dan perhatian mereka hingga 73 persen. Selain itu tindakan ini juga dapat menurunkan risiko anak menjadi kurang dapat memfokuskan perhatian serta hiperaktif di usia 11.

Penelitian yang dilakukan oleh Danish National Centre for Social Research ini menyatakan bahwa anak yang memiliki waktu lebih lama bermain pada usia-usia awal memiliki kesehatan mental yang jauh lebih baik dan berkembang. Menurut profesor Thomas Dee dari Stanford, memulai sekolah di usia tujuh tahun ini dapat mencegah munculnya gejala ADHD pada anak.

Pada beberapa negara Eropa, usia anak yang mengalami sekolah formal pertama atau sekolah dasar berbeda-beda tergantung negara. Anak di Inggris mulai sekolah di usia lima tahun, di Prancis dan Denmark mulai usia enam tahun, di Finlandia, Serbia, dan Swedia pada usia tujuh tahun.

Pada penelitian ini dinyatakan bahwa usia tujuh tahun adalah umur yang paling tepat bagi seorang anak untuk memulai sekolah. Pada usia tersebut mereka sudah mampu mengendalikan diri dan dapat berdampak pada kontrol mental yang lebih sehat di kemudian hari. Jadi sebaiknya kini Anda mulai memikirkan lagi jika ingin membuat anak bersekolah lebih awal.




sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest