Gua Ratusan Juta Tahun di Korea Utara ini Bikin Takjub




Terisolasi dari dunia luar, membuat Korea Utara bikin turis penasaran. Apalagi soal bentang alam di sana, yang ternyata terdapat komplek gua berumur sekitar 480 juta tahun. Mau tahu?




Korea Utara perlahan-lahan terbuka untuk turis. Hal tersebut bisa dilihat dengan beberapa aneka event wisata di sana, seperti ajang maraton Pyongyang yang siap digelar tahun 2016 mendatang. Beberapa operator tur seperti Korea Konsult, Koryo Tours dan Young Pioneer Tours menjual paket ke sana.

Bicara soal destinasi wisata di Korea Utara, turis tampaknya masih 'buta'. Bagi yang mau tahu, ada situs DPR Korea Tourism yang menampilkan aneka destinasi wisata di sana. Inilah situs resmi dari DPR Korea Tourism Regional Representative Office for South East Asia and India.

Ditengok dari stus resmi DPR Korea Tourism, Jumat (13/11/2015) salah satu destinasi wisata yang cantik dan unik di Korea Utara adalah Gua Ryongmun. Lokasinya ada di kawasan Gunung Myohyang, Provinsi North Pyongan. Dari Kota Pyongyang, ibukota Korea Utara, butuh waktu 3 jam naik mobil.

Gua Ryongmun bukan sembarang gua. Gua Ryongmun sebenarnya merupakan komplek gua kapur dengan dua gua besar dan memiliki 30 cabang. Diperkirakan, gua ini sudah terbentuk sejak 480 juta tahun silam!

Pemerintah Korea Utara pun begitu melindungi dan menjaga kelestarian Gua Ryongmun. Mereka menambahkan anak tangga di dalam guanya, bagi oarang-orang yang mau berjalan menyusuri tiap-tiap gua. Tapi, tentu hanya beberapa bagian gua saja yang dibuka untuk umum.

Dua gua yang besar di komplek Gua Ryongmun, bakal bikin siapa saja berdecak kagum. Gua-gua tersebut punya ukuran yang luas dan besar. Ditambah, stalaktit dan stalakmitnya memiliki beragam bentuk dengan ukuran yang besar. Jangan kaget, ukuran stalakmit di sana bisa punya tinggi sampai 5 meter.

Bagi masyarakat Korea Utara, Gua Ryongmun dianggap sebagai salah satu tempat yang disucikan. Mereka percaya, konon di sanalah tempat tinggalnya naga yang ditandakan dengan dua batu berbentuk naga di pintu masuk guanya.

Namun di balik itu, masyarakat Korea Utara rupanya sering kali liburan ke sana. Mereka akan mengajak keluarganya untuk berjalan-jalan memasuki gua.

Selain itu, pencahayaan di dalam Gua Ryongmun diatur secantik mungkin. Jadi, cahaya dari lampu akan menyinari stalaktit dan stalakmit di sana dengan berbagai warna, seperti merah, ungu, hijau, kuning dan biru. 

Korea Konsult, Koryo Tours dan Young Pioneer Tours pun menawarkan paket perjalanan ke sana. Turis akan diajak menjelajahi guanya dan bebas berfoto-foto. Rasanya di dalam gua, seperti berada di dunia lain saja. 'Underground Scenic Beauty', begitu sebutan turis yang sudah pernah mendatangi Gua Ryongmun.








sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest