GEMPAR!! Bentuk Awan Seperti Armada UFO





Netizen dihebohkan oleh gambar awan berbentuk seperti armada UFO (Unidentified Flying Objects=Objek terbang tak terindentifikasi) di langit kota Cape Town di Afrika Selatan, cek foto-foto terlampir.

Karena bentuknya yang unik itulah yang membuat netizen mengabadikannya dan mempostingnya di Instagram mereka. Jadi, awan berbentuk seperti UFO ini ternyata cuma semacam fenomena alam, bernama awan lenticular.




Awan lenticular, dinamakan demikian karena berbentuk seperti lensa, biasanya terbentuk oleh udara yang mengalir di atas pegunungan, demikian laporan EarthSky


“Ketika ini terjadi, serangkaian gelombang berskala besar bisa terbentuk pada sisi arah angin gunung. Jika suhu di puncak gelombang turun ke titik embun, kelembaban di udara dapat berkondensasi membentuk awan lenticular. Saat udara lembab bergerak kembali ke dalam palung gelombang, awan akan menguap kembali menjadi uap. Jadi lenticular bisa muncul dan menghilang relatif cepat.”



Awan juga dapat terbentuk di tempat-tempat di mana tidak ada gunung jika kondisi angin sesuai, menurut EarthSky.

National Geographic mengatakan awan di langit kota Cape Town ini adalah awan stratocumulus lenticularis berdiri karena tinggi dan bentuknya.



Dan buat yang tinggal di daerah pegunungan, awan lenticular ini sudah tak asing lagi. Cuma kenapa baru sekarang menghebohkan, ya? Apakah karena netizen sekarang makin #kepo? Biarin para netizen tersebut yang menjjawab ‘aja deh! Atau…





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest