Facebooker, Masih Ingatkah Dengan Friendster?





Apakah kamu generasi 90-an yang tau apa itu Friendster? Kalau ya, berarti kamu gaul banget pada masanya. Tapi sayangnya, jejaring sosial yang pernah berjaya lebih dari satu dekade lalu telah ditutup. Jejaring sosial ciptaan Jonathan Abrams itu pun kalah dari kompetitornya, Facebook. Selain itu, Friendster juga memiliki kendala teknologi yang cukup mengganggu.

Sebelum Facebook muncul sebetulnya Friendster sudah ingin menciptakan news feed untuk lingkungan kampus dengan nama layanan “Friendster College”. Tak hanya itu, Friendster bahkan berencana menciptakan tools ‘Friendster social graph’, termasuk platform untuk berbagi playlist musik. Namun sayang tidak bisa terealisasikan lantaran semain menurunnya jumlah pengguna Friendster.


Akibat dari tersendatnya layanan itu, rencana proyek-proyek itu pun harus dikubur dalam-dalam. Meski pengguna di wilayah Amerika Serikat bertambah tapi basis pengguna terbesar tetaplah berada di Asia dengan jumlah penduduk terbanyak di bumi. Lalu, tahun 2004 Jonathan Abrams pun digantikan dengan Chairman. Dan tahun keterpurukan terbawah bagi Friendster adalah tahun 2009 dimana Facebook dibeli oleh MOL Global di tengah keterpurukan Friendster.

Begitulah resiko menjadi seorang pengusaha. Terkadang berada diatas, kadang berada dibawah. Tak jarang yang jatuh, tak sedikit pula yang mampu berdiri bangkit kembali. Jadi, kalau kamu seorang wirausahawan, harus memiliki mental baja yah!



sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest