CEWE CANTIK Ini Bayar Kuliah dengan Beternak Kambing




Banyak mahasiswa membiayai kuliahnya secara mandiri. Sebagian bekerja, sebagian berwirausaha. Tetapi jalan yang dipilih gadis asal Bantul, Yogyakarta, ini agak unik.



Sehari-hari, Indar Prastiwi sibuk beternak kambing. Dari hasil beternak inilah, gadis yang akrab disapa Tiwi itu mampu membayar uang kuliah di Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta.

Penduduk Desa Manding Kidul RT 06 Trirenggo, Bantul, Yogyakarta itu bercerita, awalnya dia membeli kambing anakan. Kemudian, setelah kambing tersebut menjadi pej*ntan, Tiwi membeli kambing indukan. Perk*winan keduanya pun melahirkan anakan Etawa.

"Setiap satu semester, saya menjual satu anak kambing. Begitu seterusnya hingga lulus," ujar Tiwi saat ditemui di rumahnya akhir pekan lalu.

Tiwi mengungkapkan, biaya menyelesaikan kuliahnya di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya dari hasil penjualan anakan kambing. Gadis berambut panjang ini juga mendapat tambahan dari hasil kontes pej*ntan yang dinamainya "Dewangga". Bahkan, harga jual kambing pej*ntan berkepala hitam hingga bagian leher dengan kombinasi bulu putih di tubuhnya itu meroket hingga pernah ditawar Rp 50 juta.

Selain itu, sebagai pej*ntan tangguh, Dewangga kerap dimanfaatkan oleh sesama peternak untuk dijadikan pej*ntan. Sekali melakukan pemb*ahan, Tiwi mendapat bayaran Rp300 ribu.

"Saya tidak pernah mematok tarif. Tapi mungkin dari awalnya orang ngasih sekian, trus tersebar dari mulut ke mulut. Dan itu juga bukan tarif ya, melainkan ganti biaya pakan dan perawatan," ujarnya.

Meski mampu memenuhi pundi-pundi uang dengan hasil beternak kambing, Tiwi tidak ingin menyia-nyiakan hasil kuliahnya. Dia tetap mengabdikan diri dan mengaplikasikan ilmu sebagai guru honorer di sebuah SMP swasta di Bantul.

"Mengajar tetap harus dilakukan. Saya lulus dibiayai kambing, tetapi tentu tak ingin menyia-nyiakan ilmu," katanya.

(rfa)





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest