Berlian Paling Besar dalam 100 Tahun Terakhir Berhasil Ditemukan




Sebuah batu berlian yang diklaim memiliki kualitas terbesar di dunia berhasil ditemukan. Dengan kadar 1.111 karat, berlian ini baru ditemukan kembali setelah 100 tahun.



Temuan berlian ini tak hanya membuat perusahaan terkejut. Saham, Lucara, perusahaan tambang pemilik berlian itu juga meroket sampai 32 persen. Valuasi Lucara bahkan naik menjadi US$ 150 juta.

"Penemuan penting dari batu mulia dengan kualitas lebih dari 1.000 karat, terbesar dalam satu dekade terakhir, dan penemuan batu berkualitas tinggi lainnya.... Tak ada kata yang bisa menggambarkannya," ujar CEO lucara, William Lamb dalam pernyataan seperti dikutip laman money.cnn.com, Jumat, 19 November 2015.

Batu berlian terbesar kedua di dunia itu ditemukan pada Senin lalu. Pihak perusahaan belum memutuskan kapan dan bagaimana akan menjual berlian itu ke pasar.

Perusahaan juga belum bisa menaksir nilai dari batu yang memiliki ukuran 65 mm x 56 mm x 44 mm dan terbesar yang pernah ditemukan di Botswana.

"Masih terlalu dini. Kami harus mencari cara terbaik untuk mendapatkan nilai maksium dari batu ini," kata Lamb seraya mengatakan sudah banyak pembeli potensial yang mau membeli batu tersebut.

Saking besarnya, Lucara kemungkinan akan membawa batu tersebut ke perusahaan penakar di Antwerp Belgia.

Selain batu berkadar 1.111 karat itu, Lucara juga menemukan dua berlian lainnya dengan kadar yang cukup besar. Masing-masing diperkirakan berkadar 813 karat dan 374 karat.

"Ini strategi terbaik untuk menjual ketiga berlian ini di pasar," katanya.

Tak hanya mencetak sejarah, penemuan berlian ini mengubah kekayaan dari perusahaan Kanada ini. Sahamnya yang tercatat di bursa Stockholm dan Toronto sebelumnya telah jatuh hingga 26 persen.

Kenaikan harga saham pada Jumat lalu telah menghapus semua koreksi harga saham tersebut.

Lucara mengungkapkan, batu berlian itu ditemukan di areal tambang Karowe di sebelum utara negara Afrika, Botswana. Tambang ini sudah beroperasi sejak 2012.

Berlian terberat yang pernah ditemukan sepanjang sejarah dunia memiliki kadar 3.106 karat. Berlian bernama Cullinan Diamond ini ditemukan di Afrika Selatan pada 1905.

Salah satu potongan berlian itu yang diberi nama First Star of Africa terdapat dalam mahkota kerajaan Inggris. (Ism) 





sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru
Flag Counter
Home | Mobile | Facebook | Twitter | Tumblr | Pinterest