Anak SMK Ini Bisa Deteksi Dini Banjir Dari Sikat Gigi


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

Mulai banyak bukti yang bermunculan bahwa rakyat Indonesia tidak bisa diremehkan. Contohnya seperti penemuan hebat yang baru saja diciptakan oleh siswa SMKN 1 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Anak muda bernama Angeliano siswa kelas XII jurusan Mekanisasi Pertanian ini telah berhasil mengembangkan sebuah inovasi pendeteksi banjir yang terbuat dari sikat gigi bekas.

“Di tempat kita ini kan sering terjadi banjir. Datangnya tiba-tiba sehingga warga tidak sempat mengamankan barang-barangnya. Lalu saya membuat inovasi, kalau air sungai naik, sebuah alat akan menyala dan alarm berbunyi sehingga bisa siap-siap untuk mengungsi.”



Uniknya, alat-alay yang disiapkan untuk penemuan ini hanya dari limbah atau sampah. Seperti sikat gigi bekas, alumunium foil, styrofoam dan botol kemasan air. Detektor banjir ini terdiri dari kotak dan botol pelampung, kabel penghubung, baterai, speaker aktif serta lampu.

Kotak pelampung yang berbentuk segitiga ini terbuat dari rangkaian sikat gigi bekas. Sedangkan, untuk sisi lainnya serta alas dan atap kotak pelampung dibuat dari papan bekas. Nantinya, dalam kotak pelampung itu akan diisi dengan botol yang bagian tutupnya dilapisi alumunium foil dan membungkus Styrofoam. Botol tersebut akan naik jika permukaan air naik dan menyentuh atap pelampung yang bisa menghubungkan pada lampu dan speaker aktif.

Angeliano yang tak sendiri, dengan rekannya Danfi Prafiadi turut mengungkapkan,

“Cover pelampungnya sengaja didesain dengan bentuk sangkar segitiga untuk mengurangi tekanan air. Memperoleh sikat gigi di sini cukup mudah karena banyak hotel. Dibutuhkan sekitar 41 sikat gigi bekas untuk cover pelampung ini.”

Penemuan ini sangat cocok untuk Indonesia yang mulai memasuki musim penghujan ya! Bagaimana menurutmu?



sumber | republished by Halo Unik !




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top