Lion-Turtle, Kura-kura-Singa Raksasa dalam Legenda China


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 
Pendahuluan

Dalam beberapa episode di cartoonAvatar the Legend of Aang, Anda pasti pernah melihat wujud makhluk pada gambar di samping.

Makhluk raksasa tersebut adalahLion-Turtle atau Kura-kura-Singa Raksasa. Pihak pembuat serial Avatar ternyata tidak menciptakan monster tersebut begitu saja, namun makhluk tersebut berdasarkan darilegenda kuno China.

Karakteristik Kura-kura-Singa Raksasa
Sebagian besar tubuh Kura-kura-Singa Raksasa berwujud kura-kura, namun memiliki wajah dancakar singa. Kakinya berselaput dan matanya tampak keruh seperti mata katarak. Kura-kura-Singa Raksasa muda memiliki cangkang menyerupai kura-kura, namun semakin dewasa dan bertambah tua, akan semakin besar dan dipenuhi dengan pepohonan dan hewan-hewan lain layaknya sebuah pulau kecil.

Dikatakan dalam legenda bahwa Kura-kura-Singa Raksasa dapat berkomunikasi dengan bahasa manusia dan memiliki sifat yangbijaksana. Makhluk tersebut merupakan makhluk yang sangat kuno. Umurnya dapat mencapai lima ribu tahun.

Sejarah tentang Kura-kura Purba dari China
Dalam kepercayaanChina, kura-kura merupakan hewan keberuntungan, layaknyaFenghuang (Phoenix),Kirin (Unicorn), dan Naga.

Penampakan makhluk berupa Kura-kura purba tercatat dalam sejarah China. 

Kura-kura purba disinggung dalam Zhong Xuan Ji 中 玄 , kumpulan cerita supranatural dari Dinasti Jin (265-420), bahwa "Kura-kura berusia seribu tahun mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia".

Shu Yu Ji 述 异 "Tales of Strage Matters", kumpulan novel kuno dan cerita kejadian aneh pada Periode Qi Selatan (479-502), diikuti periode Liang (502-557), mengatakan:

"Seekor kura-kura berusia ribuan tahun akan tumbuh rambut".

"Kura-kura berusia lima ribu tahun disebut Shengui 龟 (Kura-kura Ilahi), hewan yang lebih tua sepuluh ribu tahun disebut Linggui 灵  (Kura-kura Spiritual).

Berdasarkan catatan sejarah di atas, Anda dapat membandingkan ciri-ciri Kura-kura-Singa Raksasa dalam serial Avatar dengan ciri-ciri yang dimiliki oleh Kura-kura purba dari legenda China. 

Sekarang Anda sudah tahu dari mana inspirasi Kura-kura-Singa Raksasa dari serial Avatar berasal.



sumber | digali.blogspot.com




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top