7 Mobil Buatan China Paling Konyol,Liat Aja Sendiri


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

Setiap mendengar kata “made in China”, pemahaman orang di berbagai negara pasti terbelah dua. Orang Barat umumnya menganggap produk China kurang kredibel, atau berkualitas rendah. Sebagian orang Indonesia atau negara berkembang lainnya justru menganggapnya produk berharga murah, sehingga laris-manis. Kalangan penggemar otomotif dunia punya kritik tersendiri terhadap mobil-mobil buatan China, bahkan mereka menganggapnya mobil konyol, tak punya cita rasa baik dari segi mesin maupun desain bodinya. Tak percaya? Cek saja 7 mobil bikinan China paling konyol berikut ini.

Tentu saja anggapan orang Barat bahwa mobil bikinan China itu konyol bersifat subjektif. Tidak sedikit orang Barat yang membelinya juga, karena harganya memang terjangkau.

Anggapan ini terlontar dari para kritikus otomotif di Amerika dan Eropa, yang mungkin saja khawatir dengan invasi mobil China yang belakangan makin gencar di kedua benua tersebut.

Meski demikian, secara umum, desain bodi maupun penggunaan mesin dari mobil bikinan China umumnya jauh dari kondisi ideal yang diharapkan para penggemar mobil.

Oke, kita kupas satu persatu 7 mobil bikinan China yang dianggap paling konyol berikut ini:


  1.1. Great Wall Hover Pi

Spoiler for Penampakan:





Sekilas, mobil ini mirip limousin. Namun, anehnya, bodi mobil ini terbuat dari plastik yang berkesan murahan. Dekorasi interiornya juga sangat jelek, mirip interior losmen-losmen Amerika Serikat tahun 1980-an.
Meski aneh, mobil Great Wall Hover Pi ternyata menjadi simbol kekayaan tersendiri bagi keluarga-keluarga konglomerat di China. Bahkan, keluarga di Negeri Tirai Bambu ini baru layak disebut kaya raya jika sudah memiliki mobil ini, sekaligus sopir pribadinya.
Kata “Pi” pada nama seri mobil ini diambil dari simbol penghitungan fisika. Entah apa maksud pabrik pembuatnya memberi nama aneh seperti ini. Ada-ada saja.


  2. BAW Motors Yongshi

Spoiler for Penampakan:






Mobil berdesain konyol yang satu ini memang tak sejelek Great Wall Hover Pi. BAW Motors Yongshi adalah kendaraan off-road militer Angkatan Darat China.
Desainnya terinspirasi dari Humvee dan Range Rover, meski tampilannya tidak sebagus yang dibayangkan.
Uniknya, kendati sudah tahu mobil ini dibuat untuk kepentingan militer, tetap saja ada orang-orang kaya di China yang membelinya hanya untuk dipamerkan kepada tetangga dan koleganya.


Quote: 3. Shuanghuan Noble

Spoiler for Penampakan:




Mobil kecil ini bukanlah mainan. Kendaraan ini benar-benar dibuat di China, dan mendapatkan kritik pedas dari para pengamat otomotif internasional. Bahkan sebuah tabloid otomotif online menyebut mobil ini sebagai “chihuahua jalanan”.
Saking jeleknya mobil ini, Mercedes-Benz berkali-kali melayangkan penolakan secara legal (melalui jalur hukum) untuk menyetop impor Shuanghuan Noble ke dataran Inggris. Namun penolakan ini tak berhasil. Alhasil, Shuanghuan tetap mendapatkan kesempatan untuk mengaspal di Inggris.


Quote: 4. HNUSP L-DDC
Spoiler for Penampakan:





Lagi-lagi, pabrikan China menciptakan sebuah mobil aneh yang mirip bemo. Namanya adalah HNUSP L-DDC, didesain oleh The National University Science Park di Provinsi Hunan.
Mobil ini terlihat mirip bemo, setidaknya kalau kita melihat pola rodanya di mana hanya memiliki satu roda di depan dan dua roda di samping belakang.
Meski nampak aneh dan lucu, mobil ini sebenarnya dibuat untuk memudahkan para pengendaranya melewati jalan-jalan sempit di daerah pinggiran China.


Quote: 5. BAW Motors Zhanqi
Spoiler for Penampakan:





Mungkin, pabrik mobil BAW Motors China ingin menciptakan mobil yang mirip Jeep Wrangler. Tetapi jadinya malah salah kaprah dan sangat jelek.
Pemilihan warna kuning juga sangat disayangkan, karena membuatnya terlihat norak. Ukuran mobil juga terlalu gemuk untuk kelas jeep. Kap depannya yang terlalu lebar menjadikan mobil ini salah satu mobil buatan China dengan konsep paling amburadul.


Quote: 6. Zotye Auto JN Model
Spoiler for Penampakan:



Tidak semua mobil buatan China meniru mentah-mentah desain mobil Eropa dan Amerika. Misalnya Zotye Auto JN Model, yang justru mencontoh mobil pabrikan Soviet Bloc tahun 1982.
Yang fenomenal dari mobil ini bukanlah desain dan mesinnya, tetapi iklannya yang membuat alis kita berkerut. Iklan bergambar seekor gajah yang dipaksa masuk ke dalam mobil sedan kecil ini memang berkesan lucu, meski sebetulnya tidak nyambung dengan konsep mobilnya.


Quote: 7. Li Shi Guang Ming Detroit Fish
Spoiler for Penampakan:





Mobil buatan China ini sukses meraih perhatian dunia pada tahun 2008, karena dipamerkan dalam acara North American International Auto Show, di Detroit, AS.
Bentuknya bahkan lebih lucu daripada bom-bom car, dan lebih imut dari bemo. Sekilas terlihat kayak mobil mainan, namun sebenarnya mobil ini ditujukan untuk mengaspal di jalan raya sungguhan.





ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top