Keunikan & Keindahan Kota Lampung [kota kelahiran TS] Pics + UPDATE!


Daftar Artikel Terbaru Lainnya 


Halo agan2 semua, ane mau share nih tentang keindahan kota Lampung (kota kelahiran TS) yang ternyata banyak dilirik para turis wisatawan dari turis maupun turis mancanegara..

kota Metro adalah kota madya di Lampung gan, banyak sih orang bilang kota Metro adalah kota pelajar, karena dari Play Group, TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi ada.. sampe ada nama jalan di kota Metro namanya jalan KAMPUS, karena di situ semua sekolah ada

TS sih bukan orang suku Lampung sebenernya, TS orang jawa (bokap jateng + nyokap jatim)
dan TS sekarang berdomisi di Makassar karena meneruskan jenjang pendidikan (kuliah)

Bukannya ane ga bangga gan sama Makassar tempat tinggal ane yang ane tinggali sekarang, tapi kalo di flashback jaman2nya ane masih di Lampung kayaknya lebih enak dan nyaman di sana karena lebih dekat orang tua dan karena di sana juga keindahan alamnya masih terjaga.


Cekidot gan, keunikan dan keindahan kota Lampung
Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan.
Provinsi Lampung dengan ibukota Bandar Lampung, yang merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang dan Telukbetung memiliki wilayah yang relatif luas, dan menyimpan potensi kelautan. Pelabuhan utamanya bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.
Sedangkan di Teluk Semangka adalah Kota Agung (Kabupaten Tanggamus), dan di Laut Jawa terdapat pula pelabuhan nelayan seperti Labuhan Maringgai dan Ketapang. Di samping itu, Kota Menggala juga dapat dikunjungi kapal-kapal nelayan dengan menyusuri sungai Way Tulang Bawang, adapun di Samudra Indonesia terdapat Pelabuhan Krui.
Lapangan terbang utamanya adalah "Radin Inten II", yaitu nama baru dari "Branti", 28 Km dari Ibukota melalui jalan negara menuju Kotabumi, dan Lapangan terbang AURI terdapat di Menggala yang bernama Astra Ksetra. Secara Geografis Provinsi Lampung terletak pada kedudukan : Timur - Barat berada antara : 103o 40' - 105o 50' Bujur Timur Utara - Selatan berada antara : 6o 45' - 3o 45' Lintang Selatan
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Lampung


Spoiler for Keunikan Kota Lampung - Bahasa:

Quote:Lampung di kenal juga sebagai kota pendatang, banyak dari suku lain yang bermigrasi ke Lampung pada era orde baru khususnya..
Lampung mempunyai bahasa daerah, yaitu Dialek A (Api) & Dialek O (Nyow), bahasanya sih menurut ane beda gan lebih susah dialek O, karena bahasanya itu dibagi tergantung tempat agan tinggal, kalo TS sih tinggal di Lampung Tengah jadi kebagian dialek O. kalo Lampung Selatan kebanyakan dialek A. Dan uniknya orang dari dialek A tidak akan mengerti bahasa dari orang yang dari dialek O. tapi orang dialek O sangat mengerti bahasa orang yang berdialek A unik kan gan?

Kalo di Lampung kan banyak orang pendatang gan, dan itu banyak kampung-kampungnya.
Kalo TS tinggal di Simbarwaringin, yang mayoritas orang Jawa tengah+timur. Jadi di daerah Simbarwaringin bahasa sehari-harinya pakai bahasa Jawa (Ngoko+Kromo)

Saking banyaknya pendatang, sampe anak2 remaja maupun ABG di sini kalo ngomong sehari-hari layaknya orang jakarta gan + logatnya..
kalo ngomong juga elo elo gua gua.
Karena memang jarak dari Lampung - Jakarta ga terlalu jauh mungkin kebawa logatnya kalo TS sih memang kalo ngomong sama temen ane pake gua gua elo elo karena kebiasaan dari SMP begitu, tapi karena ane udah pindah ke Makassar logat dan bahasa ane sehari-hari pun ane ilangin, hehehe

Sampe bahasa Lampung itu jadi trend lho, karena banyak yang bilang bahasa Lampung itu gaul, karena di adaptasi dari beragam bahasa

Spoiler for Bahasa Gaul Lampung:



Kumpulan bahasa gaul Lampung yang ane tau gan
- Lo orang = kalian
- Kita orang = kami
- Lugur = tolol
- Tudaw = menel banget
- Ngotak = Belagu
- Mak Jelas = ga jelas
- Ish = kata tambahan untuk ngeluh
- Geh = kata tambahan untuk memohon. contoh: tambahin geh uang lo sedikit biar gua bisa beli yang bagus.
- Paleng = mungkin
- Kongek = ngejek
- Lantak = hajar
- Gasak = Sikat Abis (kasar!)
- Laju = terus
- kampang = (kata2 kasar kalo orang lampung marah)
dll


Spoiler for Keunikan Kota Lampung - Kampung:

Nih gan beragam suku yang ada di Lampung:
Kampung Bali . Lampung cukup banyak gan Bali, diantaranya kampung Balinuraga, Melaris & Kalianda. di situ mayoritas pendatang orang Bali gan, bahasanya juga menggunakan bahasa Bali. Dan waktu SMP & SMA temen ane banyak dari suku Bali
Spoiler for pics:

ini gambar waktu pemberontakan warga pribumi dengan orang Bali gan


Kampung Batak. Lampung juga banyak orang Batak gan, batak toba maupun batak karo. mereka juga ada kampungnya, contohnya di Lampung tengah bagian kabupaten, mereka juga berbahasa Batak untuk kegiatan sehari-hari

Kampung Palembang. Memang Lampung dengan palembang dekat gan, jarak dari lampung utara ke palembang cuma 120km loh ga heran kalo di Lampung juga banyak orang palembang, contohnya di kampung Ogan - Lampung Tengah, rata2 orang palembang ulu dan ilir. dan mereka berbahasa semendo
Spoiler for pics:

ini foto jalanan di kampung Ogan - Lampung


Kampung Sunda + Serang. Salah satu kampung sunda dan serang di lampung adalah kampung baru gan, letaknya sih ga jauh dari rumah ane. orang2nya ramah gan, dan ulet. banyak pengerajin meubel dan pabrik krupuk disitu gan
Spoiler for pics:

ini foto ane dapet dari google gan hehe


Kampung Padang. kalo orang padang sih di Lampung rata2 jadi pedagang gan, dan mereka itu cerdik cara jualannya ga kalah sama orang chinese hehehe.. biasanya sih mereka berdagang di Plaza atau pasar tradisional di kota Metro

Masih banyak loh suku pendatang di Lampung, tapi mereka ga punya kampung2nya kaya suku yang di atas.. diantaranya: Makassar, Manado, Ambon, Aceh & Flores


Spoiler for Keindahan Kota Lampung - Tempat Wisata:

SIGER
Di lampung, siger merupakan sebuah bentuk yang melambangkan mahkota keagungan adat budaya dan tingkat kehidupan terhormat. Biasanya mahkota berbentuk siger dikenakan oleh mempelai wanita. Artinya, lambang Lampung ini merupakan simbolisasi sifat feminim.

Menara ini diresmikan pada 30 april 2008, dari tempat wisata ini diketahui penanda titik nol dan jarak-jarak ke wilayah lain baik Sumatera maupun Jawa, misalnya dari lantai II menara ini dapat diketahui bahwa jarak Bakahueni-Jakarta sebetulnya tidak terlalu jauh, hanya 117 km. Menara ini dilengkapi dengan sejumlah informasi tentang wisata di Lampung. Dari menara yang berketinggian 110 meter di atas permukaan laut inilah kita bisa melihat pemandangan pesisir Merak, Banten. Namun, baik Merak maupun Pulau Jawa hanya bisa terlihat jika cuaca sedang cerah.
Spoiler for penempeken:


Pantai Mutun
Pantai ini terletak di Lampung Selatan, pantai mutun masih sangat asri dan sangat terjaga kealamian dan keasriannya.
Banyak turis lokal maupun mancanegara datang untuk menyaksikan keindahan pantai Mutun
Spoiler for penempeken:





Teluk Kiluan
Provinsi Lampung juga menawarkan wisata bahari, yaitu di Teluk Kiluan (dalam bahasa jawa Kiluan mempunyai arti permintaan). Disana pengunjung akan mendapatkan banyak pengalaman yang tidak terlupakan.

Tempat ini berada di kawasan Teluk Semangka, yang sebagian besar masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanggamus. Daerah ini di dominasi oleh pesisir pantai hingga perbukitan.
Di teluk ini,disediakan cottage untuk menginap sehingga dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat. Selain itu juga terdapat dolphin tour yaitu di teluk ini dapat dengan mudah menjumpai ribuan lumba-lumba. Dimana para wisatawan dapat melihat atraksi dari lumba-lumba tersebut. Yang secara tiba-tiba muncul ke permukaaan laut.
Selain dolphin tour wisata alam lain yang terdapat di Teluk Kiluan adalah surfing, tracking. Selain itu pengunjung dapat pula melakukan diving dan snorkling sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam bawah laut yang masih alami, berburu terumbu karang dan melihat berbagai ikan hias yang indah sehingga pilihan untuk diving dan snorkling adalah pilihan yang tepat.
Spoiler for penempeken:







Spoiler for Keindahan Kota Lampung - Daftar Tempat Wisata:

Quote:
Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat
Terpadu Lumbok Ranau (Seminung Lumbok Resort)
Wisata Paralayang
Wisata Alam Pekon Hujung
Wisata Alam Kubu Perahu
Desa Wisata Lumbok
Danau Suoh
Arung Jeram Sungai Way Besai
Pantai Tanjung Setia
Pantai Labuhan Jukung
Pantai labuhan jukung
Pesisir Selatan
Pantai Way Jambu
Pantai Way Sindi
Pantai Suka Negara
Pantai Way Haru
Situs megalitik di Pekon Purajaya
Rumah tradisional di Desa Sukadana
Petilasan Patih Gajah Mada di Kecamatan Lemong

Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan

Air Terjun Way Peros - Desa Pematang
Goa Maja: Desa Maja Kecamatan Kind
Pantai Air Panas - Desa Air Panas
Pantai Bagus - Desa Merak Belatung Kalianda
Pantai Guci Batu Kapal - Desa Maja
Pantai Kresna - Kecamatan Kalianda
Pantai Marina - Kecamatan Kalianda
Pantai Merak Belatung - Dusun Muing, Merak Belatung
Pantai Sapenan - Desa Merak Belatung
Pantai Tanjung Beo - Desa Merak Belatung
Pantai Way Urang - Desa Way Urang Kecamatan Kalianda
Pantai Sebalang / Wisata Bahari Saburai - Dusun Sebalang Desa Tarahan
Pantai Tarahan / Tanjung Selaki - Desa Tarahan Kecamatan Ketibung
Pulau Pasir - Desa Rangai Kecamatan Ketibung
Pantai Tarahan - Desa Tarahan Kecamatan Ketibung
Pantai Alami - Desa Rugu Asem Ketapang

Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Tengah
Air Terjun Curug Tujuh Yang Terletak di Kecamatan Padang Ratu
Danau Bekri terletak di kecamatan Seputih Mataram
Taman rekreasi Tirta Gangga terletak di Kecamatan Seputih banyak
Gua Maria terletak di kecamatan Seputih Mataram
Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Timur
Pusat Latihan Gajah (PLG) - Karangsari
Bumi perkemahan - Way Kambas
Penangkaran Badak Sumatera - Way kanan
Rawa kali Biru - Way kanan
Rawa Gajah - Way kanan
Kuala Kambas - Way kanan
Situs Purbakala Pugung Raharjo - Kecamatan Sekampung Udik
Desa Tradisional Wana - Kecamatan Melinting
Taman Agro Wisata - Kecamatan Pekalongan
Danau Way Jepara - Kecamatan Way Jepara
Danau Way Kawat - Kecamatan Sukadana
Pesanggrahan Way Curup - Kecamatan Mataram Baru
Wisata Magrove - Kecamatan Labuhan Maringgai
Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Lampung Utara
Air terjun Curup Paten - Kec. Bukit Kemuning
Taman Wisata Bendungan Way Rarem - Kec. Abung pekurun
Way Tebabeng - Kec. Abung Selatan
Bendungan Tirta Shinta - Kotabumi Selatan
Kermat Semul Asem - Kotabumi Ilir
Minak Trio Deso - Bukit Kemuning
Curup Selampung - Ogan Lima
Curup Kelawas Indah - Kec Abung Tengah
Curup Ateng - Bukit Kemuning
Taman Olah Seni - Jln. Jendral Sudirman No. 113

Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran
Pantai Cuku Upas - Desa Gebang, Padang Cermin
Pantai Sekar Wana - Sukajaya lempasing, Padang cermin
THR Ringgung (akses ke pulau tegal) - Sidodadi, Padang Cermin
Pantai Mutun (akses ke pulau tangkil) - Sukajaya Lempasing, Padang Cermin
Pantai Kelapa Rapet - Desa Gebang, padang Cermin
Air Terjun Kembar - Wates Way Ratai, Padang Cermin
Air Terjun Ciupang (Muara) - Wates Way Ratai, Padang Cermin
Air Terjun Gunung Minggu - Desa Hurun, Padang Cermin
Air Terjun Abah Uban - Desa hurun, Padang Cermin
Tahura wan Abdurrahman - Padang Cermin
Pulau Umang umang - Padang Cermin
Pulau Tangkil - Padang Cermin
Pulau Seserot - Padang Cermin
Pulau Pahawang Lunik - Padang Cermin
Pulau Tegal - Padang Cermin
Pulau Maitem - Gebang Padang Cermin
Pulau Pahawang - Punduh Pidada
Pantai Pancur Permai - Sukarame, Punduh Pidada
Pulau Legundi - Punduh Pidada
Pulau Balak - Pagar Jaya, Punduh Pidada
Lunik Resort - Punduh Pidada
Air Terjun Gunung Tanjung - Margidadi, Punduh Pidada

Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten PringSewu
Kolam Renang Grojogan Sewu
Kolam Pemancingan Sembilan
Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Tanggamus
Wisata Pantai Terbaya
Gisting dan Kawasan Batu keramat
Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Tulang Bawang
River Tour di Sungai Tulang Bawang
Perkampungan di atas air di kuala Teladas
Areal Konservasi rawa Pitu yang unik dengan keberadaan burung-burung yang bermigrasi antar benua
Rawa Pacing

Daftar nama objek wisata yang ada di Kabupaten Way Kanan
Curup Putri Malu - Desa Juku Batu Kec. Banjit
Curup Bukit Duduk - Desa Juku batu Kec. Banjit
Curup Bangsa - Kota Wai Kec. Kasui
Sumber Air Panas - Kayu Batu Kec. Gunung Labuhan dan Bukit Gemuruh Kecamatan Way Tuba
Agro Wisata Perkebunan - Talang Mangga Kec. kasui dan Gedung Batin Kec. Blambangan Umpu
Wisata Perburuan - Kec. Blambangan Umpu

Daftar nama objek wisata yang ada di Kota Bandar Lampung
Pantai Duta Wisata - Jl.RE. Marthadinata
Pantai Tirtayasa - Jl. RE. Marthadinata
Pantai Puri Gading - Jl. RE. Marthadinata
Taman Wisata Bumi Kedatun - Jl. Wan Abdurahman
Wisata Alam Batu Putu - Jl. Wan Abdurahman
Taman Kupu-kupu - Jl. Wan Abdurahman
Taman Dipangga - Jl. WR. Supratman
Nuwo Olok Gading - Jl. Basuki Rahmat
Taman Hutan Kota - Jl. Soekarno Hatta
Lembah HIjau - Jl. Wan Abdurahman

Daftar nama objek wisata yang ada di Kota Metro
Waduk Dam Raman - sebelah utara kota metro yang selalu ramai di kunjungi wisatawan

Daftar Nama Objek Tempat Wisata Air Terjun Alam / Bahari yang ada di Lampung
Air Terjun Bahuga - Way Kanan
Air Terjun Batu Putu Sukadanaham - Bandar Lampung
Air Terjun Cijantung dan Cikawat - Pesawaran
Air Terjun Hurun - Pesawaran
Air Terjun Jeram Semaka - Tanggamus
Air Terjun Putri Malu - Way Kanan
Air Terjun Semarang - Way Kanan
Air Terjun Sepapah Kiri dan Kanan - Lampung Barat
Air Terjun Sinar Tiga - Lampung Selatan
Air Terjun Tambak Jaya - Lampung Barat
Air Terjun Way Lalaan - Tanggamus
Air Terjun Way Ngeluk
Air Terjun Way Sabu -Lampung Selatan
Air Terjun Way Sepuga - Lampung Barat
Air Terjun Wiyono - Pesawaran
Curup Gangsa - Lampung Utara
Curup Indah Klawas - Lampung Utara
Curup Paten - Lampung Utara
Curup Selampung - Lampung Utara
Curup Tujuh - Lampung Tengah
Air Terjun Curup Indah Klawas.
Air Terjun Curup Selampung
Air Terjun Curup Gangsa
Air Terjun Curup Merai - Desa Tanjung Riang Kecamatan Tanjung Raja.
Air Terjun Curup Fajar - Desa Sukamenanti Kecamatan Bukit Kemuning.
Air Terjun Bumi Harjo - Desa Bumi Harjo Kecamatan Bahuga.
Air Terjun Sinar Tiga - Kecamatan Padang Cermin Lampung Selatan.
Air Terjun Talang Rabun - Desa Talang Rabun
Air Terjun Penyarian - Padang Cermin 40 km dari Bandar Lampung.
Air Terjun Tanah Longsor - Padang Cermin 40 km dari Bandar Lampung.
Air Terjun Way Sabu - Kecamatan Padang Cermin, ( Desa Padang Cermin )
Air Terjun Siamang (Abah Bewok)
Air Terjun Gunung Tanjung
Air Terjun Talang Teluk
Air Terjun Curug Water - Desa Kerinjing Kecamatan Rajabasa
Air Terjun Guyuran - Desa Jondong Kecamatan Rajabasa
Air Terjun Tanjung Heran - Atas hutan lindung dan di belakang desa
Air Terjun Way Awi - Desa padang awi ( Ulu Padang Ratu )
Air Terjun Wiyono - Desa Wiyono Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran
Air Terjun Kupu Jambu
Air Terjun Batu Perahu

Daftar Nama Objek Tempat Wisata yang ada di Propinsi Lampung Secara Keseluruhan
Pasir Putih di Lampung Selatan
Merak Belatung di Lampung Selatan
Wai Lalaan di Tanggamus
Waduk Batu Tegi di Tanggamus
Pantai Marina di Lampung Selatan
Pantai Mutun di Lampung Selatan
Pantai Duta di Lampung Selatan
Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur
Danau Ranau di Lampung Barat
Teluk Semangka di Tanggamus
Way Kambas di Lampung Timur
Musium Lampung di Bandar Lampung
Bendungan Way Jepara di Lampung Timur
Kalianda Resort di Lampung Selatan
Makam Raden Intan di Lampung Selatan
Way Belerang di Lampung Selatan
Pulau Cantik di Lampung Selatan
Bendungan Way Ramem di Lampung Utara
Air Terjun Putri Malu di Lampung Selatan
Lembah Hijau di Bandar Lampung
Tabek Indah di Bandar Lampung
Menara Siger di Lampung Selatan
Gunung Krakatau di Lampung Selatan
Gunung Seminung di Lampung Barat
Hutan Monyet di Bandar Lampung
Bumi Kedaton di Bandar Lampung
Makam Pahlawan di Bandar Lampung
Pemandian Air Panas di Bandar Lampung
Pulau Tangkil di Lampung Selatan
Kelapa Rapat di Lampung Selatan
Pantai Selaki di Lampung Selatan
Way Lima di Pesawaran
Kali Akar di Bandar Lampung
Gunung Raja Basa di Lampung Selatan
Pantai Puri Gading di Lampung Selatan
Bendungan Batu Tegi di Tanggamus



sumber |http://www.kaskus.co.id/thread/5332bcb0feca17d35c8b488d/keunikan-amp-keindahan-kota-lampung-kota-kelahiran-ts-pics--update/ digali.blogspot.com




ARTIKEL TERKAIT

heyunik.blogspot.com - yang unik, emang asyik ! :)

Daftar Artikel Terbaru Lainnya 

" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya." (Alquran, Surat : al-Isra ayat 36)

Back to Top